Pages

Powered by Blogger.

Sunday, December 7, 2014

Tabitha 15 Bulan Mulai Posesif

"Ini mamaku", kata kakak menggoda Tabitha. Saat Tabitha melihat, dia langsung menghampiri mama dan ingin merebut mama seolah-olah mamanya hanya milik Tabitha. Memasuki usia 15 bulan, mulai tampak egosentris Tabitha. Makanan, minuman, mainan tidak ingin berbagai dengan orang di sekelilingnya. Semua milik Tabitha. Bila orang lain menggodanya dengan merebut sesuatu dari tangannya, Tabitha mulai berteriak.



Usia 15 bulan, Tabitha mulai posesif, semua adalah milik dia. Perlahan-lahan mama mulai mengajarkan Tabitha untuk berbagi, dan mengajarkan bahwa dia memiliki kakak yang perannya sama dengan dia, yaitu sebagai anak mama dan ayah. Memang pembelajaran itu perlu proses tapi mama yakin jika terus menerus diajarakan maka Tabitha akan mengerti.

Seperti saat ini, mama juga mengajarkan barang kepunyaannya dan mengenal alat tubuhnya sendiri. Mama menunjukkan tangan sambil berkata tangan. Mama menunjukkan kaki sambil berkata kaki. Hal itu menyenangkan bagi Tabitha sehingga terkadang Tabitha sendiri yang mengangkat tanggannya sambil berkata tangan dengan bahasanya sendiri. Semua yang terus dilakukan berulang-ulang akan mudah dipelajari. Tanpa sadar, saat mama tidak berniat mengajarkan Tabitha tapi Tabitha melihat kebiasaan mama yang terus berulang maka Tabitha akan merekamnya. Seperti misalnya ketika memberi ASI sambil tiduran, mama selalu menutupi badan dan kaki mama dengan selimut bergambar princess. Maka ketika mama tidak memakai selimut, Tabitha mencari selimut tersebut dan memberikan ke mama supaya mama memakainya.

No comments:

Post a Comment