Pages

Powered by Blogger.

Saturday, May 31, 2014

Bayi Rewel Karena Tumbuh Gigi? Ini cara Untuk Menenangkannya


Memasuki usia 9 bulan, siap-siap Tabitha tambah cantik, biasanya di usia ini bayi mulai tumbuh gigi. Ada yang lebih awal, adapula yang lebih lama. Dan biasanya ketika tumbuh gigi, badan menjadi sumeng atau panas dan bayi menjadi rewel. Jangan panik mama, berikut cara sederhana untuk mengurangi rasa sakit ketika tumbuh gigi.



Pijatlah gusi tempat tumbuhnya gigi secara perlahan, menggunakan jari bersih Anda.

Dinginkan sendok di dalam kulkas, lalu berikan untuk digigit oleh si kecil. Cara ini cukup efektif.

Celupkan waslap ke dalam air atau ASI, lalu dinginkan (bisa juga dibekukan dalam freezer). Ini berguna untuk gigi yang belum muncul ke permukaan.

Bila bayi mama sudah mulai menerima MPASI, mama bisa memberikan makanan dingin seperti puree atau yoghurt untuk membantu mengurangi rasa sakit pada gusinya.

-Susui. Ya, rasa sakit akan berkurang ketika ia sedang menyusu.

Mainan gigit juga bisa membantu. Namun pastikan Anda memilih mainan yang berbahan aman ya.. Biasanya ada yang berbahan karet alami yang bebas dari BPA dan phthalate, serta menggunakan pewarna yang aman juga.

Buah beku seperti pisang, apel dan lainnya bisa membantu juga. Berikan potongan yang agak besar sehingga tidak menyebabkan si kecil tersedak. Atau, ada juga yang menggunakan kantung jaring yang khusus sebagai tempat buahnya, agar si kecil tidak tersedak potongan buah yang terlepas.

-Pengalihan seperti berendam air hangat juga bisa membantu si kecil melupakan sejenak rasa sakit pada gusinya.

-Untuk bayi usia 6 bulan ke atas, coba berikan minum menggunakan gelas bermocong (sippy cup), karena ini bisa sekaligus menjadi bahan untuk digigit-gigit olehnya.

Bagaimana dengan jel pengurang rasa sakit?Bisa saja Anda gunakan, namun gunakan yang bebas dari benzocaine, alkohol dan pewarna. Biasanya jel sejenis ini mengandung eugenol yang diambil dari cengkeh, yang bisa berfungsi sebagai antiseptik, analgesik, antibakteri serta memiliki fungsi anestesi.

7 comments:

  1. Epson F Series printer sublimasi untuk cetak kaos dan jersey call ke 081289803375 / Pin BB 760AB57

    ReplyDelete
  2. terimakasih ibu atas informasinya :)

    ReplyDelete
  3. ya Uda. Harus sabar. Makasih sudah berkunjung..

    ReplyDelete
  4. kadang hal ini menjadi kecemasan orang tua yg baru memiliki anak pertama ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Hello and good afternoon my friend.
    A good sunny Wednesday.
    Teb.

    ReplyDelete