Pages

Powered by Blogger.

Thursday, December 18, 2014

Mengajarkan Membaca dengan Metode Glenn Doman


Ketika kakak masih bayi, mama mengajarkan membaca. Walapun mungkin saat itu orang mengganggap sia-sia, karena anak seumur itu tidak mengerti. Tapi mama tetap melatih kakak melihat tulisan-tulisan yang akan sering didengarnya, misalnya mama, papa, kakak, adik, dll.

Saat ini mama melakukana hal yang sama. Metode yang mama ajarkan disebut metode Glenn Doman. Membiasakan anak sedari bayi melihat kata-kata yang sering didengarnya kelak. Mama mencetak kata "mama", "papa", "adik", "kakak", dll dengan tinta berwarna merah. Setiap hari mama menunjukkan kata-kata tersebut bergantian. Setiap kata kurang lebih 1-2 detik. Hanya sebentar, supaya Tabitha tidak bosan. Kata-katanya pun hanya 5 kata setiap hari.

Mama melihat hasilnya pada kakak. Saat akan masuk sekolah TK, mama kuatir kakak akan susah mengenal huruf atau kata. Tenyata kakak dengan cepat mengusai. Bahkan bisa dibilang lebih cepat sedikit dibandingkan dengan anak-anak sebayanya. Oleh karena itu, mama ingin menerapkan pada Tabitha.

Selain itu, Ayah rajin membacakan cerita pada kakak dan Tabitha. Membuat imajinasi anak-anak berkembang. Mama tidak pandai mendongeng, jadi ayah yang sering mendongeng.

Kegiatan membaca metode Glenn Doman ini tidak bisa diaksakan. Bila Tabitha mulai bosan, segera mama hentikan. Mamam usahakan melakukan kegiatan ini saat Tabitha sedang senang, berhenti sebelum Tabitha bosan.

No comments:

Post a Comment