Pages

Powered by Blogger.

Sunday, October 5, 2014

Ketika Orang Tua Harus Tegas Pada Anaknya

Anak kecil ibaratnya seperti selembar kertas putih, bisa diisi atau ditulisi oleh apapun. Dia juga belum mengerti perbuatan yang baik atau tidak baik. Walaupun masih kecil, kita sebagai orang tua harus bisa tegas bila perbuatan yang dilakukan anak kita tidak baik. Jangan membiarkan anak kita larut dalam kebebasan dan kepolosannya. Karena anak kita akan tumbuh menjadi besar, bila tidak diberi batasan sedari kecil, takutnya perbuatan baik itu terbawa hingga anak kita besar.

Beberapa perilaku anak kecil yang perlu mendapatkan larangan tegas dari kita :



Si Kecil Dalam Bahaya
Anak kecil senang  bereksplorasi, berlari, melompat, memanjat. Namun, apabila ia akan melakukan sesuatu yang bisa membahayakan keselamatannya, segera hentikan. Jika perlu kita bisa menaikkan sedikit nada suara menatap mata anak kita, dan melarang ia melakukan itu. Di lain kesempatan, kita bisa menjelaskan secara perlahan mengapa kita melarang perbuatan berbahaya tadi.

Si Kecil Menyakiti Orang Lain
Anak berusia di bawah 3 tahun belum mengerti dan mampu melihat dari perspektif orang lain saat ia melakukan tindakan tertentu, kecuali bila Anda memberitahunya. Mereka hanya tahu bagaimana cara membuat perasaannya lebih baik saat sedang marah atau merasa frustasi. Ketika ia marah dan akan memukul atau menggigit orang lain, tahan dirinya. Katakan, “Mama tahu kamu marah, tapi dilarang memukul karena orang lain akan kesakitan.“ Kita jangan menyakiti anak kita. Karena jika kita menyakiti anak kita, secara tidak langsung kita mengajari anak bahwa "menyakiti itu boleh dilakukan karena mama saya juga melakukan pada saya. "

Si Kecil Merebut Milik Orang Lain
Kita harus melarang anak kita ketika ia menginginkan mainan atau makanan orang lain dan langsung merebutnya. Minta secara tegas benda yang direbutnya, lalu kembalikan kepada pemiliknya. Setelah itu, tawarkan kepada anak kita benda yang lain dan jelaskan bahwa apa yang ia lakukan akan membuat orang lain sedih. Kalau ia memang menginginkan benda yang dimiliki orang lain, ajari untuk memintanya dengan baik.

No comments:

Post a Comment