Pages

Powered by Blogger.

Wednesday, May 6, 2015

Usaha Pertama Menyapih Tabitha

Saat ini Tabitha termasuk anak yang susah makan. Bila makan dengan lauk ayam, maka ayamnya saja yang diambil. Bila ada sedikit nasi yang menempelnya, dengan segera disingkirkannya. Tapi lucunya, bila ada nasi sebutir yang jatuh, Tabitha mengambil dan memakannya.

Saat imunisasi yang terakhir, dokter anak yang menanganinya berkata bahwa Tabitha hanya sedikit bertambah berat badannya. Mama menjelaskan bahwa Tabitha susah jika diminta makan. Dokter beranggapan mungkin karena Tabitha masih ASI (masih nenen) jadi agak malas atau tidak mau makan.



Saat itu mama berpikir, ada benarnya juga. Tabitha seringkali minta nenen. Saat waktunya makan, mungkin sudah kenyang. Mama berniat menyapih Tabitha walaupun umurnya baru 20 bulan, belum genap 2 tahun. Mungkin bila Tabitha sudah tidak nenen, nafsu makannya menjadi besar.

Mulailah mama mencari informasi cara untuk menyapih Tabitha. Jika mama mencoba cara ketika menyapih kakak, mama yakin tidak berhasil karena Tabitha termasuk anak yang keras kepala, tidak seperti kakanya yang masih bisa diberi tahu. Ada yang bilang memakai daun sambiloto. Mama sendiri tidak tau bentuk pohon dan daunnya. Mama minta tolong pada Ayu, tukang jamu. Akhirnya dapat juga.

Mulailah mama mencoba dengan cara meremas-remas daun hingga mengeluarkan getah daun. Getah daunnya dioleskan ke payudara mama. Bila dirasa, getah daun berasa pahit. Pada awalnya, Tabitha mulai merasa-rasa d lidahnya ketika mulai nenen dan gak mau nenen. Tapi saat rasa kantuk menyerang, rasa pahit itu tidak dirasakan lagi, padahal mama mengoleskan lagi getah daun sambiloto ke payudara mama. Dengan cueknya Tabitha nenen kembali.

Ya ampyun, gagal usaha mama menyapih Tabitha.. 

6 comments:

  1. Semoga kelak menjadi anak yang berbakti..amiin.

    ReplyDelete
  2. Hello my friend.
    Good and pleasant day.
    Teb.

    ReplyDelete
  3. helo my friend,hope Tabitha is always be blessed with love

    ReplyDelete
  4. Hello dear friend.
    A beautiful Sunday with a magnificent sun.
    Teb.

    ReplyDelete
  5. Moga sehat slalu Tabithanya ya gan..

    ReplyDelete