Pages

Powered by Blogger.

Monday, May 19, 2014

Jadwal Imunisasi Menurut IDAI Tahun 2011


Tidak terasa, setengah bulan lagi Tabitha berumur 9 bulan. Masih tersisa satu imunisasi wajib yang harus diberikan ke Tabitha, yaitu imunisasi campak. Semoga saat imunisasi, Tabitha dalam keadaan sehat.

Terkadang, karena repotnya pekerjaan dirumah, mama jadi lupa jadwal pemberian imunisasi. Supaya tidak lupa, mama isi postingan jadwal imunisasi menurut IDAI ( Ikatan Dokter Anak Indonesia ).

  • Imunisasi Hepatitis B : Diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir, dilanjutkan pada umur 1 dan 3-6 bulan. Interval dosis minimal 4 minggu.
  • Imunisasi Polio : Polio-0 diberikan saat kunjungan pertama. Untuk bayi yang lahir di RSB/RS, vaksin ini diberikan saat bayi dipulangkan (untuk menghindari transmisi virus vaksin kepada bayi lain). Tujuan imunisasi ini untuk memberikan kekebalan bagi bayi terhadap penyakit polio (kelumpuhan)
  • Imunisasi BCG : Diberikan sejak lahir. Apabilla umur > 3 bulan harus dilakukan uji tuberkulin terlebih dahulu, BCG diberikan apabila uji tuberkulin negati. Tujuan imunisasi ini untuk memberikan kekebalan bayi terhadap bakteri tuberkolosis (TBC).
  • Imunisasi DPT : Diberikan pada umur 6 minggu. Dapat dikombinasikan dengan Hep B atau Hib.Ulangan DPT diberikan saat umur 18 bulan dan 5 tahun. Tujuan imunisasi ini untuk memberikan kekebalan bagi bayi terhadapat penyakit Dipteri, Pertusis (batuk rejan) dan tetanus.
  • Imunisasi Hib : Mencegah bayi terkena infeksi Haemophils influenza tipe b yang dapat menyebabkan penyakit meningitis, infeksi tenggorokan dan pnemonia. Imunisasi Hib ini sangat mahal, maka belum di wajibkan.
  • Imunisasi Pneumokokus (PCV) : anak yang belum mendapatkan PCV pada umur 1 tahun PCV diberikan dua kali dengan interval 2 bulan. Pada umur 2-5 tahun PCV diberikan satu kali. Tujuan imunisasi ini untuk melindung bayi dari bakteri penyebab infeksi pada telinga. Selain itu bakteri ini bisa menimbulkan permasalah serius seperti meningits dan infeksi pada darah (bakteremia)
  • Imunisasi Campak : Diberikan pada saat umur 9 bulan, campak kedua diberikan pada program BIAS SD kelas 1, umur 6 tahun.
Imunisasi yang wajib berdasarkan IDAI adalah imunisasi BCG, imunisai Hepatitis B, imunisasi polio, imunisasi DPT dan imunisasi Campak. Selebihnya, hanya dianjurkan, mengingat harga vaksin yang relati mahal.

4 comments:

  1. jadi jenis imunisasi yang diberikan berbeda beda ya bu? harus disesuaikan dengan usia bayi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak Dyah biar efektif imunisasinya.. Makasih sudah berkunjung Kak Dyah..

      Delete
  2. waah, waktu baca ini jadi inget adik shmah yang bungsu yang belum di imunisasi :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Kak Ishmah, makanya saya posting jadwal imunisasi biar gak lupa. Hehehe.
      terimakasih sudah berkunjung..

      Delete