Pages

Powered by Blogger.

Wednesday, April 1, 2015

Tabitha Toilet Training, Tiga Hari Langsung Bisa


Salah satu keuntungan mengasuh anak sendiri tanpa bantuan asisten, kita melihat sendiri perkembangan si anak dan bisa memperkiran kapan waktunya mulai belajar hal-hal yang baru. Saat ini Tabitha berumur hampir 19 bulan, mama memutuskan untuk mulai toilet training. Mama melihat Tabitha sudah mengerti perintah-perintah sederhana dan sudah memahami apa yang dibicarakan lawan bicaranya. Selain itu, saat mama memakaikan diapers pada siang hari, diapers masih tipis, seperti tidak ada isinya.

Awal-awal memulai toilet training, mama agak "cerewet", dalam arti setiap sejam sekali mama tatur (mengajak untuk buang air kecil) Tabitha sambil berbicara, "Ayuk Tabitha pipis dulu. Pipis di kamar mandi, buka celananya." Tujuannya supaya Tabitha terbiasa bila ingin buang air kecil, Tabitha akan berbicara sendiri.



Puji Tuhan. Dalam waktu 3 hari Tabitha sudah bisa memberitahu jika ingin buang air kecil. Sampai-sampai tetangga mama terheran-heran, Tabitha sudah pintar jika mau buang air kecil. Hal ini juga menginspirasi anaknya yang sudah berumur 3,5 tahun tapi masih ngompol di siang hari ataupun di malam hari untuk belajar berbicara jika ingin buang air kecil.

Satu hal yang dapat mama pelajari, jika memang ada niat, lakukan dengan sepenuhnya, jangan setengah-setengah. Supaya tidak gagal di tengah jalan. Tetap konsisten. Misalnya, jika memang memulai tolet training,  biarkan anak tanpa diapers hingga si anak bisa. Supaya si anak tidak bingung. Sebenarnya buang air kecil harus ke kamar mandi atau langsung saja. Tabitha toilet training dengan cara tanpa diapers selama 3 hari langsung mengerti. Sekarang setiap ingin buang air kecil Tabitha langsung bilang ke mama, pipis.

Pengalaman saat ingin memberikan imunisasi di rumah sakit, mama memakaikan Tabitha diapers, dengan maksud apabila Tabitha lupa akan pelajarannya, tidak mengotori lantai rumah sakit. Namun ternyata Tabitha ingat akan pelajarannya. Saat ingin buang air kecil, Tabitha bersikeras ingin buang air kecil di kamar mandi, minta supaya diapersnya dibuka terlebih dahulu.



10 comments:

  1. Hehehe...jangan pipis sembarangan yach.

    ReplyDelete
  2. hello, dear friend, once pause in the day and the beautiful things deliberately. This moment brings life - joy and happiness in your consciousness ,.
    I wish you a nice Sunday

    ReplyDelete
  3. Good morning and good Monday.
    The sun and a magical week.
    Teb.

    ReplyDelete
  4. Hei og god tirsdag.
    Solfylt dag.
    Teb.

    ReplyDelete
  5. hello, dear friend, smile, always smiling,

    you never know who is watching you
    I wish you a wonderful Tuesday

    ReplyDelete
  6. hello, dear friend, a new life can not be
    start, but every day a new
     Day to nice people, a good
    Week start to wish your friend, Dieter

    ReplyDelete
  7. Anak saya Nahidh kencing sendiri bisanya skrg umur 2,5 thn hehhehe

    ReplyDelete